Halaman

Welcome to My Blog *\(^^)/*

Senin, 23 Juli 2012

Cara main UNO ?

UNO! kata-kata kayak gitu pasti gak asing lagi di telinga kita (sok tau ya) kalau bagi gue sih tgak asing lagi, 'wong' sering main uno #kok curhat -____-"
Hmm.. kalian udah tau cara main uno? kalau belum, nih ta' kasih tau caranya.. Pertama pengenalan kartu-kartunya dulu ya.

Setiap pak kartu uno biasanya terdapat kartu berwarna hijau, biru, kuning dan merah. Ada juga kartu 'bonus' yang dapat menguntungkan juga merugikan ..hehe. Setiap pemain mendapat 7 kartu secara acak, sisanya ditumpuk terbalik di meja. Kita bahas kartu 'bonus'nya dulu:

1. Wild

    Kartu ini bebas dikeluarkan saat warna apa saja di meja .Contoh: lawan mengeluarkan kartu berangka 3 kuning, kartu wild tetap bisa dipakai. Saat mengeluarkan kita bisa menentukan warna yang kita mau. Contoh: Kita mau warna hijau, maka lawan harus mengeluarkan kartu berwarna hijau.

2. Draw 4
Sama seperti wild, dan keuntungannya, selain kita bisa memilih warna, lawan  harus mengambil 4 kartu dari tumpukan kartu. Dan kesempatan kalian untuk menang semakin besar, karena kartu lawan semakin banyak.

3. Draw 2

Bedanya dengan draw 4, kartu yang diambil lawan harus 2. Kartu draw 2 tidak bisa dikeluarkan jika bukan kartu draw 2/kartu berwarna sama yang terlempar dari lawan. contoh: lawan mengeluarkan kartu angka 6 kuning, draw 2 merah tidak bisa keluar. tapi kalau draw 2 kuning bisa.

4. Skip

Kartu ini membuat lawan diloncati gilirannya. Sama seperi draw 2., kartu ini tidak bisa dikeluarkan kalau warna kartu lawan tidak sama atau bukan kartu skip. Contoh: Lawan mengeluarkan kartu skip merah, kalian bisa mengeluarkan skip hijau, walaupun beda warna. Tapi kalau lawan mengeluarkan kartu 6 merah, skip hijau tidak bisa keluar, kecuali skip merah.

5. Reverse
Kartu ini membuat arah giliran berubah .misalnya, awalnya urutannya adalah A-B-C ,jika reverse dikeluarkan si C, maka arah gilirannya menjadi C-B-A.


Nah setelah mengulas kartu2 bonusnya, sekarang cara mainnya.
1. Jika kartu angka 9 merah yang terlempar, berarti kalian bisa mengeluarkan kartu apapun yang berwarna merah, termasuk reverse, skip dan draw2. Kalian juga bisa mengeluarkan wild dan draw 4.  Jadi disini kita bermain menyesuaikan warna dan jenis..
2. Jika kartu yang ada ditangan kalian tersisa satu, jangan lupa bilang "UNO!". Kalau gue sih, lupa bilang UNO hukumannya gue harus ambil 2 kartu.
3. Jika kartu yang ada di tangan kalian tidak ada yang bisa dikeluarkan, ambil kartu baru di tumpukan kartu (draw table) untuk diloncati gilirannya.
4. Ketika salah satu pemain habis kartunya, berarti dia menang. Sedangkan lawannya harus menghitung jumlah poin kartu yang dipegangnya.. Yang kalah telak adalah yang poin kartunya paling banyak. Wajib diingat, kartu 'bonus' poinnya lebih besar dari pada kartu angka biasa. Jika menahan kartu-kartu 'bonus' sampai kalian kalah, berarti kecil kesempatan kalian untuk menghindari 'kalah telak'

Permainan UNO ini agak beda dari kartu yang lain. Disini kita main 'kecil-kecilan' poin, bukan 'besar-besaran' poin. Dan juga main 'samakan warna dan jenis'.


Untuk kalian yang belum punya kartu UNO, bahkan jarang ada teman untuk main UNO, jangan galau =D kalian bisa main UNO online kok. Kalau gue seringnya main di www.gameskeren.com, kalo mau coba klik aja disini http://www.gameskeren.com/main/uno/uno.html ..


Hmm. segini aja kali ya ulasan gue tentang UNO.. semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar