Halaman

Welcome to My Blog *\(^^)/*

Selasa, 15 Oktober 2013

My Story: Aku dan Skoliosis

Hai minasan semuaa... kali ini gue mau sharing tentang penyakit yang gue derita: skoliosis. Mungkin yang lagi baca post ini gatau skoliosis itu apa? Nah gue jelasin ya.
Skoliosis adalah kelainan pada rangka tubuh yang berupa kelengkungan tulang belakang. Ada 2 jenis penyebab skoliosis, yaitu:
1. Idiofatik (tidak diketahui penyebabnya)
2. Kelainan lain (sindrom down,dll)

Skoliosis menyebabkan tulang belakang si penderita melengkung membentuk huruf s, atau huruf c. Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengobati skoliosis:
1. 5-25 derajat: dilakukan observasi setiap 6 bulan sekali. Dianjurkan untuk terapi seperti gerakan ringan dan berenang.
2. 26-40 derajat: penderita diharuskan menggunakan brace, yaitu alat bantu penyangga tubuh yang terbuat dari besi. Dan brace itu harus dipakai 23 jam sehari. nih brace itu kayak begini bentuknya:

Aneh gak? Bayangin gue ke sekolah, tidur dan kemana-mana pake ini!

3. <40 derajat: karena tulang sudah melengkung parah, harus dilakukan tindakan operasi. Karena melengkungnya tulang bisa menekan paru-paru, jantung dan organ tubuh lainnya.

Secara medis, tulang belakang tidak akan pernah berkurang derajatnya bila hanya melakukan terapi berenang atau senam ringan. Terapi semacam itu hanya mengurangi pertambahan derajat kemiringan saja. Sama halnya dengan brace, brace hanya menahan supaya tulang belakang tidak bertambah bengkok. Satu-satunya cara untuk mengurangi derajat hanya dengan cara operasi. Tapi itu sangat menyakitkan.. kalau gue denger cerita orang, tulang belakangnya bakal disangga sekrup dan pena--semacam itu, dan akan tertanam lama di tulang. Dan siapa yang betah kalau ada benda asing di dalam tubuh kita? Enggak ada! Makanya nyokap gue ga jadi operasi, karena ngeri *by the way, nyokap gue juga seorang skolioser, kalau gak salah udah 40 derajat*
--Jadi kesimpulannya, skoliosis TIDAK BISA DISEMBUHKAN KECUALI MELALUI OPERASI--
nyesek kan-____-

Kalau kecapekan, penderita skoliosis biasanya mengalami nyeri di tulang belakangnya. Atau enggak di tulang pinggul. Gue sendiri udah pernah ngerasain nyerinya.. pas habis bawa tas banyak sama peralatan kemping di cibubur-_- 

Gimana? Kedengerannya simpel, tulang belakang bengkok. Tapi akibatnya, kerasa banget.
Gue pertama kali tulang gue ga normal, pas rontgen paru-paru. Waktu itu gue kena asma, jadi dilakuin rontgen, dan taraa! Ada keganjilan dari hasil rontgen tersebut.

Hasil rontgen paru-paru, ada keganjilan di tulang belakang.
Kaget dan gak percaya, gue berobat ke dokter ortopedi. Hasil dari rontgen kedua, gue menderita skoliosis dengan kelengkungan tulang belakang 15 derajat, bentuknya huruf C *untung bukan S* dan melengkung ke kanan. Otomatis pundak gue condong ke kiri.
Biasanya, skolioser akan mengalami rotasi pada ruas-ruas tulang belakangnya. tapi gue enggak, cuma bengkok aja gitu, syukur deh.

Gue disaranin untuk berenang dan senam ringan gitu supaya gak nambah derajatnya. Masalahnya kalo udah 25 derajat, gue mesti pake brace! Dan you know, gue ini anak sekolahan. Apa kata temen-temen gue? Kalo gue pake brace dan kayak robot? Gimana nasib gue yang enggak bisa gerak bebas? Terus otomatis kalo pake brace itu enggak bisa lari dan olahraga. Terus nilai olahraga gue kosong semua gitu? *nangisdarah*
oke akting selesai-___- haha xD
Dan ketika dokter bilang TIDAK AKAN BISA SEMBUH.. gue down.
Seumur hidup kah pundak gue harus beda sebelah? loh kok pundak? iya nih dampak dan gejala skoliosis tuh kayak begini:
1. Pinggul dan bahu tinggi sebelah dan berada pada sisi yang sama. Misalnya bahu kanan tinggi, pinggul kanan juga tinggi
2. Sering mengalami perut kembung, sembelit atau susah buang air besar
3.  Sesak nafas dan berdebar-debar, akibat menyempitnya rongga rusuk di dada anda.
4. Cepat capai walau hanya sebentar beraktivitas
5. Rasa pegal sebelah di belakang punggung dan pinggang
6. Kaki yang panjang sebelah bahkan otot menyusut sebelah
7. Sakit kepala

Gue ngalamin semua itu, kecuali nomor 2 dan 6.
Sekarang gue mecoba bersahabat dengan skoliosis, dan berusaha bangga jadi skolioser. Kalau dapet ejekan dari orang sekitar karena pundak gue beda sebelah, pernah sih.. cuma satu kali. Dia suka mengaitkan gue dengan pundak gue. Yah gue sih sabar aja (mungkin kamu skolioser pernah digituin juga?) Mungkin dia nganggep itu aneh dan bikin lucu, bercandaan dan  bagi dia wajar aja. Tapi buat skolioser, itu bikin mood rusak banget!
Mungkin lo yang mengejek gue baca post ini. semoga aja lo baca!

Gue pernah baca blog skolioser lain dan dia bilang bahwa hanya orang terpilih dan kuat yang diberi cobaan berat oleh Tuhan, jadi bagi kamu yang skolioser, berbanggalah! Artinya kamu orang yang kuat dan terpilih oleh Tuhan. Yang sekarang kamu lakuin, berusahalah  untuk survive.
Bagi kamu yang bukan skolioser, tapi punya teman skolioser, jangan kamu bully. Karena banyak kasus skolioser kena bully *terutama yang pake brace* karena terlihat freak (baca:aneh) dan tidak menarik, bahkan seperti sampah. Tolong ya, jangan, itu nyakitin banget-_-

Gue gatau berapa derajat tulang gue sekarang, karena yang 15 derajat itu hasil observasi bulan juli yang lalu.
Sedangkan observasi selanjutnya dilakukan pada bulan desember.. Duh ga sabar nunggu desember :3 semoga aja hasilnya....bagus.

*update cerita kedua!*

65 komentar:

  1. jadi sekarang sudah sekitar 7 bulan, gimana perkembangannya? :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tau ya, aku sih belum rontgen lagi, karena papa sendiri masih gak punya waktu buat kontrol ke dokter :(
      Tapi rasanya makin hari kalo make tas itu.. makin merosot ke kiri aja deh. Semoga itu cuma just a feeling ya xD

      Hapus
  2. Hey aku jg menderita skoliosis,stlh bca blog kmu ak jd trmotivasi buat smbuh. Skoliosis yg aku drita brbntuk "s"

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai firza, get well soon for you! ^^ by the way, berapa derajat skoliosis kamu sekarang?

      Hapus
  3. Saluut sama cerita kamu, aku juga skoliosis
    setiap hari pakek korset selama 3tahun. tapi aku tetep tegar dan enjoy ngejalaninya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Laras, korsetnya sejenis brace ya? by the way skoliosis kita sama ya 15 derajat, aku barusan visit blog kamu lohh ><

      Hapus
  4. hai....selamat ya km salah satu manusia pilihan yg kuat dan sukses dapat ujian dariNya..... kalau ak kifosis krn tbc tulang belakang, boleh minta info pesan brace yg bahanny seperti yg km pake itu ga? coz pnyq braceny ga maksimal, masih ikut melengkung kifosisku......q tunggu blsnny yup...tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai selti^^ Gambar brace diatas itu aku ambil dari google, gambar itu cuma untuk nunjukin "ini lho bentuk brace buat skolioser itu".. tapi aku sendiri belum pakai brace. Bahan brace kamu apa? fiber? Coba konsultasi lagi ke dokternya yaa

      Hapus
  5. halooo…
    aku nia, skolioser juga..
    senang bisa nemu blog ini…
    bisa dikunjungi blogku juga ya..
    http://niiapanpan.blogspot.com/2013/03/hidup-dengan-skoliosis-part-i.html
    salam skolioser !!! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai niaaa, maaf ya late reply kmrn aku sibuk kegiatan sekolah..
      aku udah baca post kamu sejak lama looh, sampe part terakhir^^ kita skolioser harus tetap semangat yaa

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai wilda, umurmu berapa? jangan takut ya, anggap aja itu tantangan dan biar gak nambah parah kamu hrs ngelakuin beberapa pantangannya. Harus rutin check up dan rontgen ke dokter yaa.. GWS for you :)

      Hapus
  7. 17 thn, januari besok 18:) iyaaa pasti, makasih yaaa{} kata dokter aku ga dianjurin pk brace karna udh lewat masa pertumbuhan dan karna brace jg ga banyak membantu. jadi aku cm rutin terapi aja setiap 3-4 bln sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seumuran aku dong hehe. terapinya itu diapain aja sih? aku gapernah dainjurin buat terapi masa

      Hapus
  8. Hay aku jg skolioser. Aku udah tau kena skoliosis dr kelas 3smp tp baru skrng dpt penanganan karna udah bisa berpenghasilan. Omongan dokter emang bikin down,but keep spirit!

    BalasHapus
    Balasan
    1. umur kamu skrg berapa?
      yap kamu bener, harus tetap semangat ya!

      Hapus
  9. hai aku juga skolioser, derajatku udah sampe 21 hihi, iya emang omongan dokter suka bikin down, tp aku sekarang rutin yoga lho dan ya badan lebih seger juga ga gampang cape, beberapa temen yogaku bilang mereka ada perubahan penurunan derajat kalo rajin yoga. tetap semangat ya skolioser semua, berjuang <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoga emang manfaat buat skoliosis juga ya? kamu ikut yoga di sanggar kah?

      Hapus
  10. Hai, skoliosis memang byk terjadi sama cewek yah. Aku jg skoliosis 3 tahun yg lalu skoliosis ku 41 derajat. Ak antusias utk sembuh dan rajin yoga. Tp sekarang mulai down dan kepikiran lg karna aku akan menikah, ak belum cerita dgn calon ku dan jg skoliosis ku belum di cek lagi. Ada solusi bgmn ak menceritakannya dgn calon ku ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai nana, ak jg skolioser, drjt kmiringan kmu skrg brp n kamu udah pake brace blm ? Ada baiknya kamu sgra cek biar tau gmn prkmbngnnya

      Hapus
    2. ceritain aja ka nana, ya tapi gausah frontal, pelan pelan gituu:) gws ya, calon kamu pasti nerima kok

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Kebanyakan penderita nya ternyata perempuan..tapi Allah adil..saya bisa merasakan apa yg wanita rasakan setidaknya..hahaha..

    BalasHapus
  13. haii salam kenal yaa, aku skolioser juga, trakhir rontgen sbesar 35drajat, aku udh kerja tp trpaksa nganggur dulu, terhambat karna adanya skoliosis ini, awalnya drop bgt, stres, tiap malem nangis smpe pgn mati aja rasanya haha, kita tau tuhan pasti punya rencana yg lbih baik tapi ga munafik juga kalo kita pasti ngerasa sedih kena kelainan ini, aku mau bagi info aja nih, aku ga pernah k dokter slama ini krna tau sndiri dokter itu bkin dropp, bilangnya gabisa sembuh dan slalu oprasi2 mulu, aku slama ini ikut yg alternatif2 aja, dan alhamdulilah kebengkokan tulangku mulai berkurang, dan enaknya lagi terapi yg aku jalanin ini bisa di lakuin di rumah, dokter chiropractic pun kaget ko dlm itungan 3bln tulangku bisa berkurang gini bengkoknya, bagi temen2 skolioser yg mau tanya atau sharing bisa email ke aku ya atau chat ke sosmedku ^^ semua sosmedku namanya : wijayantielok.... mkasih ya dan maaf nulisnya panjang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai salam kenal juga ka elok:) wah syukur kalo udah berkurang, memang dokter kadang ngomongnya gak peduliin perasaan pasien ya, jadi kita dibikin down:(

      Hapus
    2. Gimana tuh ka terapi yang bisa dijalanin dirumah?

      Hapus
  14. Ka aku izin share di facebook-ku ya. Aku febrilla aku juga skoliosis ka. Terima kasih banyak ya ka :)

    BalasHapus
  15. Bisa saling tukar pin atau whatsapp atau apapun itu. Kita bikin group skilioser.. setuju ga?

    BalasHapus
  16. Haii salama kenal aqu juga skolioser..huhu terganggu banget yah punggung sering ngilu trus susah nyari posisi nyaman klo mo tidur .. 😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii salam kenal juga ima :) betul, aku baru sekarang nih pundakku ikutan sakit garagara si S ini T_T

      Hapus
  17. Kak kalo mau terapi gitu tu, di mana, kalo bisa cantumin alamatnya ya.. bcs aku tu punggung yg kanan itu gede sebelah nah tp aku mau periksa tu gatau dimana apalagi aku di Pekalongan susah bgt nyari doktor spesialis tulang...

    BalasHapus
  18. Kak kalo mau terapi gitu tu, di mana, kalo bisa cantumin alamatnya ya.. bcs aku tu punggung yg kanan itu gede sebelah nah tp aku mau periksa tu gatau dimana apalagi aku di Pekalongan susah bgt nyari doktor spesialis tulang...

    BalasHapus
  19. Hai kaka.. penderita skoliosis kalo tidur berbaring berasa ada yg menojol di salah satu tulang rusuk depan. Pernah gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai sriyani :) aku sih enggak merasa, apa karena aku tidur pake springbed yg terlalu empuk ya? *padahal tempat tidur terlalu empuk ga baik, jgn ditiru haha*

      Hapus
  20. Hai... Aku jga skoliosis.
    Ia, karna kita adalah orang² yg terpilih & kita harus kuat menghadapi cobaan nhi .

    BalasHapus
  21. Aku jga kalo skolh , isi tas ya penuh, suka kerasa banget pegel ya :3
    Ia, dokter itu slalu ngambil jalan pintas yaitu OPRASi .
    Aku gk mau oprasi, karna takut. Skarang aku tuh suka di urut , alhamdulillah kurva ya bisa memperkecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo fatimah^^ kita udh chat-an via line ya? senang bisa sharing sama kamu hehe

      Hapus
  22. Halo semua, salam kenal aku Okta. Aku suka gaya cerita kamu. Tetap semangat yaa, jangan takut dan jangan pernah menyerah!! Aku juga skolioser, sudah 2x operasi malahan. Ini yg pada belum begitu parah, dirajinin fisioterapinya ya biar gak usah sampek dioperasi.:-) Pengen banget juga nulis pengalaman skoliosis tapi belum sempet :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo okta, wahh apadayaku yg ga dibolehin ikut terapi. ditulis ceritanya dong, nanti kasihtau aku ya kalo udh terbit :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Wahh knp? Demi kesehatan kan. Iya, bakal secepatnya kok. Okke ;).
      Oh iya Maria, aku pengen banget gabung grup MSI.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Iya menurut ortu aku terapi itu not important bngt dan ga pernah sempet juga hehe
      Kalo Mau join MSI, add line aku aja nnti aku invite ke grup :)

      Hapus
  23. Jadwal kmu padet ya? Hehe.. oke, sudah aku add line kamu.

    BalasHapus
  24. Saya cowok juga skoliosis kok, kalo masalah nyeri atau gak nyaman udah makanan sehari2. Meskipun curvanya gak parah tetep kok nyeri, ada yg sudah pake korset belum?katanya bisa meluruskan asal curvanya kecil dan harus rutin pakenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temen saya ada yg pake korset, tp saya sendiri belom coba mas hehe

      Hapus
  25. Balasan
    1. halo laella. aku juga skolioser, kita harus kuat ya!

      Hapus
  26. Aku prefer ke terapi tulang belakang, asal metodenya common sense. Dan itu beneran ada hasilnya( dari leher sampe pinggul miring ) sekarang udah mendingan. Skolioser pasti kaki panjang sebelah(ada yg sadar ada yg enggak karena selisihnya kadang dikit ada yg 1 cm). Ada grup wa gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, aku nggak punya wa, yanag kutau cuma ada grup line :)

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Hai... salam kenal... aq juga skolioser... boleh ikut gabung di groupnya?

    BalasHapus
  29. hai maria, gue baru baca blog kamu ini. aku juga sama seperti kamu seorang skolioser juga. aku mau cerita dan berbagi pengalaman skoliosis ku ke kamu. kalau gak keberatan boleh bagi kontaknya? sama aku juga mau bergabung ke group :)

    BalasHapus
  30. Boleh gabung grup skolioser nggk??
    Aq skoliosis 35°

    BalasHapus
  31. Boleh gabung grup skolioser nggk??
    Aq skoliosis 35°

    BalasHapus
  32. Salam. Aku juga seorang skolioser juga nih :'))
    Boleh gabung di grup linenya ga? Hehe lumayan bisa silaturahmi sama yg lainnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salsabila, boleh bangett :) add aku via line yaa

      Hapus
  33. Halo Maria, sekarang derajatnya berapa ?
    Pengobatannya dengan apa sekarang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mahda, derajatku sekarang yg atas 16, bawah 10.
      Aku ga pengobatan sih, paling renang sama stretching aja :)

      Hapus
    2. Renang sama stretchingnya banyak ngebantu ga ka?

      Hapus