Welcome to My Blog *\(^^)/*

Selasa, 24 Februari 2015

My Story: Aku dan Skoliosis (2)

Hello dear,
Mungkin kalian pernah baca post gue sebelumnya? yang ini
Sekitar 3 minggu yang lalu, entah papa mama gue tersadar darimana, mereka bawa gue ke dokter orthopedi buat periksain skoliosis gue. Yeay! Setelah 2 tahun menunggu akhirnya penasaran gue terjawab juga. Sebenarnya sekalian meriksain kaki mama gue yang bengkak juga sih.

Jadi gini, pas diperiksa jadi gue disuruh membungkuk, dokter melihat punggung sebelah kanan itu lebih naik daripada kiri. Yaiyalah pundak gue yang kiri aja lebih turun daripada yang kanan. Dia ngeliatnya kaya ngeri gitu, ya gue jadi panik. Gue mikir kayaknya ini tulang nambah banyak derajat kemiringannya. Akhirnya gue disuruh rontgen, berhubung dokternya udah mau pulang. Gue disuruh minggu depannya lagi ke dia buat baca rontgen.

Setelah keluar dari ruangan dia, gue langsung ke ruang radiologi dan disuruh pose *udah berasa model aja* *but wait.. ini pose yang amat aneh* jadi foto pertama itu gue tiduran telentang biasa, terus kedua berdiri. ya itu wajar sih, but wait.. foto ketiga gue disuruh ngeringkuk--kaya tiarap gitu, seakan akan ada bom yang akan meledak *oke ini lebay* tapi gue ngerasa ini kocak haha, udah kaya janin 'ngeringkel' gitu. Dan keesokannya rontgennya diambil. Hore! tapi pake cd jadi liatnya mesti buka laptop. This is the result








 
 
Oke kalo foto 2 tahun yang lalu sama sekarang, beda banget pastinya. Awalnya skoliosis gue cuma berbentuk c. Sekarang s. Tulang bagian pinggul udah mulai bengkok. Sedihnya. Tapi beruntungnya gak ada rotasi tulang.
Ketika minggu depannya balik ke dokter. Dokter bilang ini cuma skoliosis ringan, cuma 10 derajat. What? Berarti turun derajatnya? Tapi kan yang bawah bengkok.. Terus dokter yang gue kunjungi 2 tahun lalu bilang. skoliosis itu gak bisa berkurang derajatnya atau malah gak bisa sembuh. Jangan jangan dokter yang sekarang salah hitung(?)
Tapi yasudahlah, mungkin emang berkurang. Believe it or not, gue termasuk anak males yang disuruh terapi dengan cara berenang atau gerakan senam khusus, gak mau. Gue cuma minimalisir dengan cara:
1. Bawa tas sekolah beban difokusin ke kanan, soalnya pundak kanan gue lebih tinggi dari kiri
2. Tidak bawa beban terlalu berat
3. Tidur harus selalu terlentang
4. Kalo lagi duduk atau berdiri atau jalan, gue harus kondisiin badan gue biar tegap
5. Tidak boleh kelelahan, kalo kelelahan punggung gue sakit. Kalo sakit bahaya bisa tambah cedera/miring.

Tapi sekali lagi ini masih menjadi misteri.. kenapa tulang pinggul gue malah ikut bengkok? Tapi yang penting tulang punggung gue udah keliatan 'mau' lurus.haha
Buat kalian yang skoliosisnya udah dirasa parah, jangan cuek kaya gue yaa.. banyak gerak gitu kaya renang atau apa. Kalo nambah masalahnya macem-macem. ada yang bilang susah hamil, susah melahirkan, bisa sesek nafas soalnya organ dalam kan tertekan sama tulang yang bengkok itu. Bahaya deh, ini sih gue hoki aja bisa turun. Tapi bersyukur banget lah.
Sekian curhatan gue, salam skolioser '-')9

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar