Welcome to My Blog *\(^^)/*

Jumat, 19 April 2013

Tips Membuat Bokeh Outdoor dengan Kamera Saku

Haii, apa kabar? Kalau dirasa gue udah jarang aja ngepost dimari, yap maklum, lagi fokus Ujian Nasional besok tanggal 22 April. Meskipun sekarang gue masih aja ngepost beginian-___-

Oke, kembali ke topik. Banyak orang beranggapan, dengan kamera saku kita tidak bisa berkreasi lebih jauh. Banyak faktornya, mungkin karena auto fokus, lensa ga bisa diatur sendiri. Dan gara-gara itu, bukaan lensa (yang ada f/x) yang fungsinya buat ngatur 'blur-nya background', juga ga bisa diatur-_ _ _ _ _-
Padahal bukaan lensa menurut gue berfungsi juga buat ngebuat bokeh itu.

Tapi kalian yang punya kamera tanpa fitur manual, jangan sedih. Sebab gue punya cara praktis bikin efek bokeh.
Sekarang praktek tanpa kamera, coba kalian keluar dan jalan-jalan di malam hari. Kemudian dirikan telunjuk tangan di depan mata dengan jarak yang dekat, lihat apa yang ada dibelakang telunjuk kalian! Blur, dan cahaya di jalan (entah lampu jalan, mobil, rumah atau gedung) berubah menjadi bulatan yang eksotis dan menurut gue bikin kagum. Apalagi kalo lagi di jalan tol yang kondisinya rame, kiri kanan ada gedung dan mall, wah bokehnya makin meriah bagus deh.

Sekarang pengaplikasiannya. Pertama, nyalain kameranya.
Kedua, dirikan telunjuk di depan lensa kamera (jangan terlalu dekat, nanti auto fokusnya ga akan bekerja) Kalo lagi di kendaraan, kan telunjuk suka goyang-goyang ga stabil tuh jadi susah ngunci fokus, nah ganti pake benda apapun *ayo kreatif dikit* misalnya kalian deketin lensa kamera ke dasbor mobil, dll.
Ketiga, tekan tombol shutter setengah (jangan full). Nah, sekarang sudah blur backgroundnya, kan? (Tombol shutternya jangan dilepas)
Keempat, turunkan telunjuk dari depan lensa. Sekarang yang terlihat adalah lampu-lampu yang membulat
Kelima, setelah dilihat cahaya bokeh sudah pas, baru deh kalian pencet full tombol shutter untuk mengambil gambar.

"Cekrek!"

Dan menurut eksperimen percobaan gue, inilah hasilnyaa:



Foto diatas diambil menggunakan kamera saku Canon Powershot A800

Bokehnya emang kurang rame, karena itu bukan di jalanan kota, tapi komplek rumah *plak

Update: ini foto bokeh terbaru gue B) lokasinya di jalan raya di jogja






Nah kalo ini di ancol
Bokeh juga ada loh di siang hari! syaratnya, cahaya matahari harus di belakang pohon, dan pohonnya rindang. Bokeh itu sendiri dihasilkan karena cahaya yang menembus sela-sela daun, gak kalah keren kok. Sayangnya kalo siang hari ya umumnya cuma warna putih aja..


 Ini juga di ancol, pas sunset.. di beach pool nih ;)
Kreatif aja manfaatin keadaan, kalo di laut kan jadi mantul gini ya bokehnya? Tambah cakepp~


Kalo ini koleksi paling baru nih hehe, di jalan tol




Sayang ya, kalo background segini bagusnya, tapi engga ada objeknya?
Emang sayang bangett-___- gue juga mau kali difoto setengah badan dengan latar belakang bokeh kaya gitu.
Tapi sayang, harus pake lensa tele *tau bener apa gak, pokoknya lensa yang panjang dan besar itu* harganya 15 juta! :'( plus harus punya slr juga..
Kalo ngedit di photoshop pake lens blur pun gak ngefek.
Dan yang bikin iri, temen gue punya ituu.. aaa~
kepingin punya juga :(
yasudahlah kenapa gue jadi curhat yaa wkwk

Selamat berkreasii :D

4 komentar: