Welcome to My Blog *\(^^)/*

Jumat, 29 Juni 2012

About Canon PowerShot A800

Bagi pemula yang belum tahu macam mana apa aja sih tentang PowerShot A800 ini? Kebetulan gue punya kameranya, jadi sumber entri ini dari pengalaman..

"Canon PowerShot A800"


Kamera digital ini sangat pas buat yang pingin hemat.. hehe. Pas juga untuk pemula, harganya waktu gue beli kisaran Rp850.000 (belum termasuk memory). 10 megapixel dengan 3.3x optical zoom. Warnanya ada 3: Abu-abu (seperti gambar), Putih dan Merah.

Efek-efek untuk fotonya:

1. Smart Auto
    Menyesuaikan dengan keadaan objek yang akan di foto. Baik cahaya, kontras, dll.

2. Blur Reduction
    Hasil fotonya kabur gimanaa gitu..

3. Potrait
    Cocok buat foto yang fokus ke muka seseorang. Jadi background-nya rada-rada blur gitu. Bagus deh:) Soalnya bukaan lensa akan melebar dengan sendirinya. Makin lebar bukaan lensa, makin blur backgroundnya. Syaratnya, jarak objek dan background harus jauh

4. Kids & Pets
    Contohnya ini nih.. tapi gak ada anak kecilnya, kucingnya doang, wkwk.
    Tapi sampai sekarang gue kurang tau, maksud efek ini apa? Mungkin flash-nya itu low kali ya, supaya enggak ngagetin hewan atau anak kecil *soktau


5. Face-Self Timer
    Fotonya pake timer.. dan untuk hasil terbaik gunakan tripod. Tripod itu penyangga kamera berkaki 3 loh.  Di A800 ini ada setting timer yang salah satunya dalam 10 detik bisa ada 3 shots, jadi dalam 10 detik ada 3 hasil sekaligus.

6. Low Light
    Sepertinya.. cocok untuk foto siluet / foto yang membelakangi matahari. Efek yang dihasilkan itu, sinarnya jadi lebih rendah.

7. Super Vivid
    Nah.. kalian ada yang suka foto dengan warna cerah? Disini efeknya.. Contohnya silahkan dilihat..



8. Poster Effect
    Namanya aja.. yaa efek poster lah ^-^. Hasilnya jadi gelap dan coklat-coklat gitu. Berikut contohnya


9. Beach
    Yang ingin jeprat jepret di pantai.. gak perlu takut 'suasana foto' nya gak sesuai.. gunakan saja efek ini.

10.Foliage
     Foto tumbuhan/bunga lah.. dan kalau digabung dengan efek macro hasilnya seperti ini nih, blur di belakangnya gitu. Kalau kalian foto daun/tanaman gini pake foliage, warnanya jadi cerah.



11. Snow
      Hasil efeknya adalah.. cerah, putih, sejuk..

12. Sunset
      Matahari terbenam.. hasilnya akan lebih pas dengan efek ini. Soalnya hasilnya terkesan 'warm' dan sedikit kontras.

13. Fireworks
      Tahun baru.. pasti ada kembang api. Dan dengan efek ini hasilnya pun lebih 'wow'. Hasilnya kembang apinya kayak blur gitu ya? Jadi keren :)



14. Long Shutter
   Dengan efek ini foto jadi 'dramatis' ya.. Long Shutter ini paling pas dipakai saat kalian memfoto benda bergerak, misal memfoto jalan tol dari atas, memfoto kereta api berjalan,dll. Lebih pas lagi saat malam hari.
Tapi objek di contoh foto ini lagi gak gerak sih-__-
Cara motret jalan tol; setting detik shutter lebih lama, 15 detik kalau bisa. Supaya hasilnya lebih mulus. Kalo ada tripod, ini wajib dipake.
Cara motret ombak dan air terjun; setting detik shutter lebih cepat. Mungkin 1,5-2 detik. Setahu saya, makin cepat, hasil air ombak/terjun-nya lebih halus. Tapi gue bingung juga, long shutter ini kan cuma bisa dipake kalo gelap.. Berarti susah kalo siang pake mode ini mah-__-

      

Waktu gue beli tuh kamera, dalam 1 pack ada:

1. Kameranya
2. Wrist Strap WS-800 (Tali pegangan kamera)
3. AA Alkaline batteries (x2)
4. Buku Getting Started
5. Digital camera solution disk
6. Warranty Card

Cara Perawatannya:

1. Walaupun "pocket camera", jangan sekali-kali menaruhnya di saku celana, apalagi di bagian belakang. Bahaya jika tergencet. Lebih baik taruh di saku kemeja. Kalau mau, beli tempat kameranya, bentuknya seperti dompet genggam.

2. Jangan pasang gantungan di wrist strap ya.. gue tahu mungkin sebagian orang gemar menghias barangnya. Tapi ini bahaya, apalagi jika gantungannya bukan yang lunak. Bisa-bisa LCD kamera jadi retak karena terbentur gantungan.

3. Jangan ditaruh di tempat yang bersamaan dengan barang lain. Misalnya di tas yang isinya bermacam-macam barang.

4. Kalau mau transfer data ke PC, berhati-hati jika menggunakan USB. Takutnya tertular virus dari PC itu. Lebih amannya menggunakan card reader.

5. Jangan mengedit foto dengan cara rotate. Maksudnya, misal kalian ingin mengedit foto yang miring dengan memutarnya ke bawah supaya nyaman dilihat, kemudian kalian tetap menyimpan foto hasil rotate itu di memory kamera. Hasilnya? saat kalian melihat foto itu, foto itu tidak ada, menjadi tidak bisa terbaca.

6. Jangan menyimpan di tempat yang disekitarnya terdapat kapur barus. Kapur barus itu bisa merusak bagian dalam kamera.

7. Jika kalian membawa kamera ke pantai, jangan sampai percikan air laut masuk ke dalam kamera. Bahaya, bisa merusak kamera.

8.  Bersihkan lensa kamera dengan kain lap kacamata, sebelumnya kainnya harus bersih dari kotoran.

Sekian ya, semoga membantu menambah wawasan kalian tentang kamera ini ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar